Spiga

LUPAKAN RONALDINHO, TATAPLAH PATO

SERI A dimulai lagi. Seperti biasa dengan Inter Milan yang berada di posisi teratas. Memang sangat mengesankan melihat “I NERAZZURRI” dengan mudah memperoleh kemenangan, juga ketika mereka tidak bermain dengan sepenuhnya meyakinkan. Tim-tim yang ada dibelakang Inter terpaksa mencari bala bantuan untukmenjadi tim yang paling kompetitif.

Tapi, apakah cukup dengan membeli satu atau dua orang pemain untuk memulihkan teknik individu, fisik, yang mmbuat perbedaan dari tim Inter? Menurut saya, hanya dengan ide yang sama dari keseluruhan tim terhadap permainan bisa mengatasi perbedaan jarak ini.

Sementara waktu Inter sudah dilatih dengan sangat baik oleh Mancini. Mungkin masih belum memainkan permainan yang maksimal, tetapi kemajuan tim ini sangat terlihat. Tim yang berada di belakang Inter sekarang harus memperlihatkan peningkatan kualitas permainan dengan mendatangkan pemain baru yang bisa menciptakan keajaiban. Tidak perlu mengingatbahwa pemain yang paling hebat di dunia, Diego Maradona, juga tidak berhasil memenangkan kompetisi paling penting di tingkat klub: Piala Cahmpion. Dan, jika seorang pemaihn hebat seperi dirinya tidak berhasil, sulit untuk memikirkan bahwa seorang pemain bisa mengubah keseluruhan tim tanpa pendekatan ide, permainan dan pengetahuan kolektif.

Juventus pada saat ini sedang mengamati Sissoko dan banyak orang berharap mereka bisa mengubah tim ini menjadi tim yang harmonis dengan maneuver yang luar biasa. Sebuah tim yang bisa bermain bagus, bersenang-senang dan menjadi lebih kompetitif. Jika Sissoko bisa melakukannya, maka dia bisa diterima dengan baik. Tapi, selain memiliki nilai yang bagus, apakah pemain ini memiliki karakteristik yang tepat untuk mengatasi batasan yang dimiliki oleh Juventus?

Mungkin Ranieri membutuhkan seorang pemain yang memilki kepekaan dan pengalaman. Seorang pemain yang bisa memantapkan waktu permainan, memiliki ide yang jelas dan taktik yang bagus. Seorang pemain yang seimbang dan bagus, yang bisa berada di posisi yang tepat dan tahu mengambil keputusan yang tepat berdasarkan kebutuhan. Seorang pemain yang memiliki karakteristik seperti Pirlo, Cambiasso, Xavi Alonso atau pemain muda Cigarini. Para pemain ini bagi saya sepertinya bisa menjadi pemain yang lebih diperlukan untuk memberikan kontribusi kepada Juve.

Surat kabar sudah lama menuliskan mengenai ketertarikan Milan terhadap Ronaldinho, seorang pemain berbakat dengan kualitas teknik dan intuisi yang luasr biasa, tapi juga seorang pemain fenomenal dengan banyak pertentangan. Pemain besar yang berbakat memang selalu bisa selamat di dalam dunia sepak bola, tapi lain halnya bagi tim yang tidak mendapatkan hasil yang mereka harapkan.

Apakah yakin bahwa dia bisa kembali mejadi pemain luar biasa seperti yang dikenal dulu? Apakah kita yakin bahwa hasrat, disiplin, semangatnya bermain sama seperti beberapa tahun lalu? Apakah yakin bahwa dia akan bekerja dan berlatih dengan rasa cinta yang mendalam kepada klub? Dan, bagaimana dengan gajinya yang cukup tinggi? Milan, seperti biasa selelu menciptakan keberuntungan mereka sendiri dengan melakukan investasi dan menumbuhkan pemain muda berbakat seperti Van Basten, Gullit, Rijkaard, Donadoni, Boban, Shevchenko, Kaka, dan Pirlo.

Hari minggu lalu Milan sudah menghadirkan pemainnya yang baru dibeli, pemain muda dan menjanjikan, Alexandre Pato. Dia sudah melakukan debutnya dengan luar biasa: cepat, gesit dam bermain dengan personalitas dan intuisi pemain bintang besar. Dia masih muda dan masih bisa memiliki pengalaman naik turun. Tapi, di dalam pengarahan seorang pelatih seperti Ancelotti dan di dalam lingkungan yang tenang dan positif seperti Milanello, Pato pasti akan semakin berkembang. Kecepatan dalam mengeksekusi aksinya sangat mengesankan, begitujuga instingnya didepan gawang, koordinasi, kemampuannya dalam menjaga lawan dan menemukan dirinya berada diposisi yang tepat pada saat yang tepat.

Lingkungan san staf yang ada di sana sudah ideal untuk membantu perkembangannya, jika Pato memiliki keseimbangan, keseriusan, dan profesionalisme seperti Kaka, sepak bila Italia dan “I ROSSONERO” akan menemukan seorang pemain juara baru. Gol yang diciptakan Pato saat melawan Napoli sudah membuktikan dirinya sebagai pemain bintang sejati dengan kecepatan dan kepiawaiannya. Pato merupakan investasi yang memberikan harapan kepada keseluruhan lingkungan tim dan memastikan kemampuan dan kebijaksanaan para pemimpin klub. Arrigo Sacchi (Topskor)

0 komentar: